test berjalan


Assalamu'alaikum Wr.. Wb.. Temen-temen blog ini awalnya hanya tempat curhat, dimana terkadang terdapat isi hati yang tidak bisa di ungkapkan oleh kata-kata serta tempat berbagi Ilmu bagi yang suka Terima Kasih bagi yang tidak suka Mohon Maaf

Selasa, 05 Juni 2012

Mengenang Dakota RI-001 Seulawah

Tahukah kamu bahwa pesawat terbang yang pertama kali dimiliki oleh Negera Republik Indonesia tercinta ini adalah sumbangan dari rakyat Aceh ?


Dakota RI-001 Seulawah adalah pesawat angkut pertama milik Republik Indonesia yang dibeli dari uang sumbangan rakyat Aceh. Pesawat Dakota RI-001 Seulawah ini adalah cikal bakal berdirinya perusahaan penerbangan niaga pertama, Indonesian Airways. Pesawat ini sangat besar jasanya dalam perjuangan awal pembentukan negara Indonesia.

Pesawat Dakota DC-3 Seulawah ini memiliki panjang badan 19,66 meter dan rentang sayap 28.96 meter, ditenagai dua mesin Pratt & Whitney berbobot 8.030 kg serta mampu terbang dengan kecepatan maksimum 346 km/jam.


KSAU Laksamana Udara Soerjadi Soerjadarma memprakarsai pembelian pesawat angkut. Biro Rencana dan Propaganda TNI-AU yang dipimpin oleh OU II Wiweko Supono dan dibantu oleh OMU II Nurtanio Pringgoadisuryo dipercaya sebagai pelaksana ide tersebut.

Biro tersebut kemudian menyiapkan sekira 25 model pesawat Dakota. Kemudian, Kepala Biro Propaganda TNI AU, OMU I J. Salatun ditugaskan mengikuti Presiden Soekarno ke Sumatra dalam rangka mencari dana.

Pada tanggal 16 Juni 1948 di Hotel Kutaraja, Presiden Soekarno berhasil membangkitkan patriotisme rakyat Aceh. Melalui sebuah kepanitiaan yang diketuai Djuned Yusuf dan Said Muhammad Alhabsji, berhasil dikumpulkan sumbangan dari rakyat Aceh setara dengan 20 kg emas.

Dana tersebut kemudian digunakan untuk membeli sebuah pesawat Dakota dan menjadi pesawat angkut pertama yang dimiliki bangsa Indonesia. Pesawat Dakota sumbangan dari rakyat Aceh itu kemudian diberi nama Dakota RI-001 Seulawah. Seulawah sendiri berarti "Gunung Emas".

Kehadiran Dakota RI-001 Seulawah mendorong dibukanya jalur penerbangan Jawa-Sumatra, bahkan hingga ke luar negeri. Pada bulan November 1948, Wakil Presiden Mohammad Hatta mengadakan perjalanan keliling Sumatra dengan rute Maguwo-Jambi-Payakumbuh-Kutaraja-Payakumbuh-Maguwo.

Di Kutaraja, pesawat tersebut digunakan joy flight bagi para pemuka rakyat Aceh dan penyebaran pamflet. Pada tanggal 4 Desember 1948 pesawat digunakan untuk mengangkut kadet ALRI dari Payakumbuh ke Kutaraja, serta untuk pemotretan udara di atas Gunung Merapi.

Pada awal Desember 1948 pesawat Dakota RI-001 Seulawah bertolak dari Lanud Maguwo-Kutaraja dan pada tanggal 6 Desember 1948 bertolak menuju Kalkuta, India. Pesawat diawaki Kapten Pilot J. Maupin, Kopilot OU III Sutardjo Sigit, juru radio Adisumarmo, dan juru mesin Caesselberry. Perjalanan ke Kalkuta adalah untuk melakukan perawatan berkala. Ketika terjadi Agresi Militer Belanda II, Dakota RI-001 Seulawah tidak bisa kembali ke tanah air. Atas prakarsa Wiweko Supono, dengan modal Dakota RI-001 Seulawah itulah, maka didirikanlah perusahaan penerbangan niaga pertama, Indonesian Airways, dengan kantor di Birma (kini Myanmar).

berikut ini beberapa foto Dakota RI-001 :
 Bagian Depan Pesawat

Bagian Belakang Pesawat


 

 Di sayap belakang ada platnya “RI-OO1”, dulunya pesawat ini memang ‘Air Force One’ nya Indonesia Loh !!

 


 Bagian kokpit & mesin pesawat


 Di bagian samping pesawat tertulis “ INDONESIAN AIRWAYS”


 Di bagian pintu belakang tertulis “PERSEMBAHAN RA’JAT ATJEH”
 artinya : “Persembahan Rakyat Aceh”
 

 Bagian Roda Pesawat,




 
Dibawah pesawat ada sebuah Prasasti yang isi dari tulisannya seperti yang dibawah ini :

PERANAN PESAWAT DAKOTA RI-001 “SEULAWAH” DALAM PERANG KEMERDEKAAN

Pesawat jenis inilah yang disumbangkan oleh rakyat Aceh, kepada Pemerintah Republik Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan dengan nomor RI- 001.

Dengan pesawat ini blokade belanda dapat di terobos dan hubungan antara pemerintah pusat di yogyakarta dengan daerah-daerah di sumatera khususnya Aceh dapat diwujudkan sehingga memperlancar jalannya roda pemerintahan.

Agresi militer belanda ii pada Tahun 1948 memaksa pesawat RI 001 “Seulawah” berpangkalan dan beroperasi di Rangoon Birma. 


Perjuangan yang dilakukan selama di luar negeri antara lain : 
  1. Penerobosan pada malam hari terhadap blokade belanda dengan mengangkut senjata & mesiu ke pangkalan udara Lho’nga.
  2. Melalui pemancar radio “Indonesian Airways” berita-berita perjuangan di tanah air diteruskan kebeberapa perwakilan ri di luar negeri dan Perserikatan Bangsa-Bangsa
  3. Mendirikan  “Indonesian Airways” dalam membantu membiayai pengadaan senjata & mesiu, pengadaan pesawat-pesawat C-47 Dakota RI-007 dan RI-009, membantu membiayai perwakilan-perwakilan RI di luar negeri dan pendidikan calon penerbang serta teknisi auri di luar negeri

Perjuangan rakyat Aceh dalam perjuangan menegakkan dan mempertahankan Negera Kesatuan Republik Indonesia yang diwujudkan dengan sumbangan pesawat ini mencerminkan jiwa kejuangan yang patut ditauladani dan dilestarikan oleh seluruh rakyat Indonesia sepanjang masa.

Udep Sare Mate Sahid
Banda Aceh, 29 Juli 1984



Prasastinya ada satu lagi, tulisan lengkapnya dibawah ini

Dengan Rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ Ala

Monumen perjuangan RI-001 “Seulawah” ini dibangun sebagai tanda penghargaan yang tulus ikhlas dari Tentara Nasional Indonesia angkatan udara kepada rakyat Aceh dalam rangka menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 pada masa 1948-1950.

     Banda Aceh, 29 Juli 1984
Kepala Staff TNI Angkatan Udara 


                SUKARDI 
           -MAREKAL TNI-


GUBERNUR/KEPALA DAERAH ISTIMEWA ACEH



                  -H. HADI THAJEB-



Note :
  • SEULAWAH sendiri memiliki arti “Gunung Emas” 
  • Konon katanya “Indonesian Airways” adalah cikal bakal berdirinya Maspakai Penerbangan Garuda Indonesia. 
  • UDEP SARE MATE SAHID artinya kira-kira “ HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID !! “


Senin, 04 Juni 2012

Liburan Ke Pulau Samosir

Hi semua, Apakabarnya semoga semuanya baik-baik aja ya,,,
Hari ini begitu cerah, mentari bersinar dengan sinarnya yang begitu indah. Ohya Aku mau menceritakan tentang perjalanan ku ke pulau samosir.


Perjalanan menuju Pulau samosir dari medan memakan waktu 4 Jam lebih, itu jikan kondisi tidak macet dan hujan. Dalam rombongan kami sebanyak 45 Orang ini merupakan studi tour Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Kabupaten Pidie Jaya. Lelah juga sih duduk selama 4 jam lebih menuju tapi asyik

lelah, Capek Pegel terobati dengan indahnya pemandangan Danau toba. Ini kira2 pukul 7.00 Wib, krna maki berangkat pukul 02.00 Wib dari Medan hehehe. Dari kejauhan sudah kelihatan indahnya danau toba dan pulau samosir. Tau nggak kalau Danau Toba ini sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Woww temen2 bisa bayangkan kan gimana kekuatan gempanya.
Ini nie para CK (Cowok Keren) hehehe.
Dari kanan ke kiri Ada Miswar (baju merah) temen satu ini yang suka buat lucu dan ngelawak. Agus Widodo (baju putih) Mahasiswa Lulusan Atmajaya yang terdampar di pulau sumatera, katanya sih masih ada bau keratonya (pernah jadi tukan sapu keraton). Yang ini Aku sendiri hehe gantengkan huahahahaha. Selanjutnya yang terakhir M. Riza Al-Mudaris temen yang satu ini memiliki kratifitas mulai dari melukis hingga desain grafis. Makanya nggak salah walaupun kuliah di FKIP Bahasa Inggris dia ngajarnya Grafis (alih Jurusan).
Emmmmmm..... ATW ke pulau samosir tepatnya di Tomok melalui Air, kebayangkan dinginnya Danau toba itu emmm sejuk banget. Sekali Jalan 300 Ribu jadi kita bisa patungan untuk sewa Kapalnya. Kita akan di ajak untuk melihat batu bergantung.
Sampai di Pulau Tomok kalau nggak belanja mending nggak usah kesana, Barang murah dan tradisional siap untuk diserbu. Lihat aja para CK menawar barang kecuali si miswar yang tanya tentang kehamilan si ibu (hahahah kayak dukun beranak aja).
Puasa belanja saatnya yang satu ini, mulai foto2, saya kurang informasi tentang patung ini. menurut info yang saya terima. Patung ini bisa menari tapi kita harus bayar dulu 60 ribu untuk buat dia bisa menari (Patung Juga tau duit wkwkwkwk)



Ini nie di Kabupaten Siantar tepatnya di depan Kantor Bupatinya. Kota ini bersi depan kantor ini ada sebuah taman yang selalu ada hiburanya mulai pertunjukan akrobat, permainan anak2, dan lainya pokoknya seru deh dan lagi makanannya murah meriah woi



Berhubung ane muslim jadi yang bisa ane makan pas di Tomok cuma Mie instan ini Pop Mie yang masih bersegel dan air mineralnya Aqua, Menjaga agar iman juta tetap bersih aja. (ini ceriaku kalau kamu...!) hehhe
Itu sepenggal cerita perjalanan kami ke Danau Toba. Semoga bisa kemabali lagi pada Liburan Ke Pulau Samosir Jilid II (ngareb)


Kamis, 22 Desember 2011

Selamat Ulang Tahun Ibu

Ibu...
adalah wanita yang selalu siaga tatkala aku dalam buaian
tatkala kaki-kakiku belum kuat untuk berdiri
tatkala perutku terasa lapar dan haus
tatkala kuterbangun di waktu pagi, siang dan malam

Ibu...
telah kupandang wajahmu diwaktu tidur
terdapat sinar yang penuh dengan keridhoan
terdapat sinar yang penuh dengan kesabaran
terdapat sinar yang penuh dengan kasih dan sayang
terdapat sinar kelelahan karena aku

Ibu...
engkau menangis karena aku
engkau sedih karena aku
engkau menderita karena aku
engkau kurus karena aku
engkau korbankan segalanya untuk aku

Ibu...
jasamu tiada terbalas
jasamu tiada terbeli
jasamu tiada akhir
jasamu tiada tara
jasamu terlukis indah di dalam surge

ibu
tlah kau hujamkan matamu
tuk menentang sang surya
tlah kau hentakan kakimu
tuk menindas bumi
tlah kau mantapkan hatimu
tuk taklukan sang waktu

ibu
tlah kau luangkan begitu banyak waktu
hanya tuk menjaga ku
tlah kau hempaskan kepentingan mu
hanya tuk mengurusku

ibu.
remuk hati ini......melihat mu menangis
hancur raga ini melihatmu terluka
mati raga ini bila kau tiada

Ibu...
hanya do'a yang bisa kupersembahkan untukmu
karena jasamu
tiada terbalas

Hanya tangisku sebagai saksi atas rasa cintaku padamu


Selasa, 13 Desember 2011

Ulang Tahun Ke 23

Hari hari lewat, pelan tapi pasti
Hari ini aku menuju satu puncak tangga yang baru
Karena aku akan membuka lembaran baru
Untuk sisa jatah umurku yang baru…

Daun gugur satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah
Umurku bertambah satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah

Tapi… coba aku tengok kebelakang
Ternyata aku masih banyak berhutang
Ya, berhutang pada diriku…
Karena ibadahku masih pas-pasan…

Kuraba dahiku…
Astagfirullah, sujudku masih jauh dari khusyuk
Kutimbang keinginanku….
Hmm… masih lebih besar duniawiku

Ya Allah….
Akankah aku masih bertemu tanggal dan bulan yang sama di tahun depan?
Akankah aku masih merasakan rasa ini pada tanggal dan bulan yang sama di tahun depan?
Masihkah aku diberi kesempatan?

Ya Allah….
Tetes airmataku adalah tanda kelemahanku
Rasa sedih yang mendalam adalah penyesalanku
Astagfirullah…

Jika Engkau ijinkan hamba bertemu tahun depan
Ijinkan hambaMU ini, mulai hari ini lebih khusyuk dalam ibadah…
Timbangan dunia dan akhirat hamba seimbang…
Sehingga hamba bisa sempurna sebagai khalifahMu…

Hamba sangat ingin melihat wajahMu di sana…
Hamba sangat ingin melihat senyumMu di sana…
Ya Allah,

Referensi : www.muliaarif.wordpress.com

Selasa, 29 November 2011

Ruang Lingkup Lembaga Keuangan Bank

A. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Pasar Uang dan Pasar Modal merupakan bagian dari pasar keuangan (financial market) yang merupakan sarana pengerahkan dana atau tempat mempertemukan pihak yang kelebihan dana dan pihak yang mengalami kekurangan dana dan terbentuk untuk memudahkan penabung dan peminjam .Tujuan Pasar Keuangan adalah untuk mengalokasikan tabungan(saving)secara efisien dari pemilik dana kepada pengguna dana akhir .Pemilik dana adalah individu,lembaga atau badan usaha yang menyishkan kelebihan dana yang dimilikinya untuk diinvestasikan agar lebih produktif. Dengan demikian pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek atau perusahan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkan atau lembaga profesi yang berkaitan dengan efek untuk melakukan transaksi jual beli. Efek adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang,surat berharga komersial ,saham,obligasi,tanda bukti utang ,bukti right (right issue),waran (warrant)

Pasar modal merupakan tempat bertemu antara penjual dan pembeli modal /dana. Tujuan pasar modal adalah untuk mempercepat proses ikut sertanya masyarakat dalam pemilikan saham menuju pemerataan pendapatan masyarakat serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengerahan dana dan penggunaan dana secara produktif untuk pembiayaaan pembangunan nasional

Kerena menyadari perkembangan pasar modal mengalami peningkatan dan bisa memberikan return dan kontribusi yang besar bagi perkembangan perekonomian suatu negara ,maka penulis membuat tugas makalah dengan memilih jedul ”Pasar Modal

Bank merupakan lembaga keuangan yang sangat penting dalam perekonomian. Secara umum, bank didefinisikan sebagai lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. Menurut undang-undang No. 10 tahun 1998 tentang perbankan, bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali dalam bentuk pinjaman (kredit) dan atau bentuk lainnya, dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak.

Mishkin (2001: 8), secara sederhana menjelaskan bank sebagai lembaga keuangan yang menerima deposito dan memberikan pinjaman. Ia juga menjelaskan bahwa bank merupakan perantara keuangan (financial intermediaries), sehingga menimbulkan interaksi antara orang yang membutuhkan pinjaman untuk membiayai kebutuhan hidupnya, dengan orang yang memiliki kelebihan dana dan berusaha menjaga keuangannya dalam bentuk tabungan dan deposito lainnya di bank.

2. Ruang Lingkup

Lembaga keuangan adalah semua badan yang melalui kegiatan kegiatannya dibidang keuangan, menaruh uang dari dan menyalurkannya kedalam masyarakat.Artinya kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan selalu berkaitan dengan bidang keuangan. Lembaga keuangan bank atau bank merupakan lembaga keuangan yang memberikan jasa keuangan yang di samping menyalurkan dana atau memberi pinjaman (kredit) juga usaha menghimpun dana dari masyarakat luas dalam bentuk simpanan. Kemudian usaha bank dalam bentuk lainnya memberikan jasa yang mendukung dan memperlancar kegiatan memberikan pinjaman dengan kegiatan memberikan pinjaman dengan kegiatan menghimpun dana.

Dalam praktiknya lembaga keuangan dapat dibagi menjadi :

- Bank

- Lembaga Keuangan Non-Bank

Jenis-jenis lembaga keuangan lainnya antara lain : Pasar Modal, Pasar Uang, Koperasi Simpan Pinjam, Penggadaian, Sewa Guna Usaha, Ansuransi, Anjak Piutang, Moal Ventura, Dana Pensiun .

B. FUNGSI BANK

Financial intermediation merupakan suatu aktivitas penting dalam perekonomian, karena ia menimbulkan aliran dana dari pihak yang tidak produktif kepada pihak yang produktif dalam mengelola dana. Selanjutnya, hal ini akan membantu mendorong perekonomian menjadi lebih efisien dan dinamis.

Bank Indonesia (2006: 5), mengkategorikan fungsi bank sebagai financial intermediaries ini ke dalam tiga hal. Pertama, sebagai lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan. Kedua, sebagai lembaga yang menyalurkan dana ke masyarakat dalam bentuk kredit, dan yang ketiga, melancarkan transaksi perdagangan dan peredaran uang.

Beberapa karakteristik yang membedakan bank dengan non-bank financial intermediaries, menurut Bossone (2001), adalah sebagai berikut:

a. Bank menciptakan likuiditas dalam bentuk bank’s own liabilities atau surat utang yang dibuat untuk peminjam. Bank tidak melanjutkan likuiditas yang sudah ada, tetapi menambah likuiditas sistem setiap saat bank mengadakan kredit baru kepada perusahaan melalui penciptaan deposit. Sedangkan non-bank financial intermediaries bertindak sebagai capital market intermediaries yang mengumpulkan likuiditas yang sudah ada (bank deposit) dari savers dengan long position dan menginvestasikannya pada investor dengan short position.

b. Bank memberikan pengetahuan pada peminjamnya (borrowers) tentang operasi harian, kebutuhan likuiditas, aliran pembayaran, juga faktor jangka pendek dan pengembangan product market. Sedangkan non-bank mengembangkan pengetahuan tentang prospek usaha jangka panjang, investasi potensial, trend pasar (market trends), dan perubahan pada faktor fundamental ekonomi

Bank memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian, terutama dalam sistem pembayaran moneter. Dengan adanya bank, aktivitas ekonomi dapat diselenggarakan dengan biaya rendah. Bank juga memiliki tiga karakteristik khusus yang berbeda dalam fungsinya bila dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya. Tiga hal tersebut menurut George (1997), adalah sebagai berikut.

Pertama, terkait dengan fungsi bank sebagai lembaga kepercayaan untuk menyimpan dana masyarakat, bank berperan khusus dalam penciptaan uang dan mekanisme sistem pembayaran dalam perekonomian. Keberadaan perbankan memungkinkan berbagai transaksi keuangan dan ekonomi dapat berlangsung lebih cepat, aman, dan efisien.

Kedua, sebagai lembaga intermediasi keuangan, perbankan berperan khusus dalam memobilisasikan simpanan masyarakat untuk disalurkan dalam bentuk kredit dan pembiayaan lain kepada dunia usaha. Hal ini akan memperbesar dan mempermudah proses mobilisasi dan alokasi sumber-sumber dana dalam perekonomian.

Ketiga, sebagai lembaga penanaman aset finansial, bank memiliki peran penting dalam mengembangkan pasar keuangan, terutama pasar uang domestik dan valuta asing. Bank berperan dalam mentransformasikan aset finansial, seperti simpanan masyarakat ke dalam bentuk aset finansial lain, yaitu kredit dan surat-surat berharga yang dikeluarkan pemerintah dan bank sentral.

Ketiga fungsi penting tersebut terkait dengan peran bank baik dari sisi mikro maupun makro. Dari sisi mikro, bank dibutuhkan sebagai lembaga kepercayaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menyimpan dana, memperoleh kredit dan pembiayaan lain, maupun dalam melakukan berbagai transaksi ekonomi dan keuangan. Dari sisi makro, bank dibutuhkan karena peran pentingnya dalam proses penciptaan uang dan sistem pembayaran, serta dalam mendorong efektivitas mekanisme transmisi kebijakan moneter dan efisiensi alokasi sumber dana dalam perekonomian (Warjiyo, 2006: 431–433). Peran tersebut menempatkan bank sebagai lembaga keuangan yang berperan penting dalam pada sistem perekonomian kita

C. BANK SENTRAL

1. Kebijakan Moneter dan Peranan Bank Sentral

Pengelolaan moneter di Indonesia dipimpin oleh Dewan Moneter yang diketuai oleh Menteri Keuangan dan anggotanya Menteri Perdagangan dan Gubernur Bank Sentral. Sebagai anggota DEwan Moneter, Bank Sentral diserahi tugas untuk membina Bank-bank, mengatur peredaran uang dan menjalanka operasi moneter. Karean itu Bank sentral adalah pelaksana kebijaksanaan moneter Pemerintah yang ditetapkan oleh Dewan Moneter.

Dewan moneter sebagai mana diatur dalam Bab IV Undang-undang No. 13 1968 tentang Bank Sentral, memberikan pengarahan dan pedoman kerja kepada bank sentral demi menjaga kestabilan moneter, pemenuhan kesepatan kerja dan peningkatan taraf hidup rakyat.

Dalam struktur moneter Indonesia, peranan bank sentral sebagai Pembina dan pengawas bank-bank serta serta pengendali peredaran uang, dikategorikan sebagai berikut:

- Bank Sirkulasi

Bank Indonesia mempunyai hak tunggal untuk mengedarakan uang kertas adan uang logam sebaagi alat pembayaran yang sah. Hai ini disebut hak oktrool

- Banker’s Bank

Bank Sentral dianggap sebagai salah satu sumber dana (yaitu dana dari pihak kedua, ditinjau dari sudut Bank Umum) dimana bank-bank dapat meminta bantuan Bank Indonesia untuk menambah permodalan (disebut kredit likuiditas) mereka dalam rangka pemberian pinjaman (kredit) kepada nasabah.

- Lender of Last Resort

Yaitu Bank Indonesia sebagai pemberi pinjaman pada tingkat yang terakhir. Dalam hal ini pemberian kredit pada saat likuiditas darurat.

2. Bank Indonesia dan Instrumen Moneter

Kebijaksanaan moneter dalam arti luas bertujuan untuk melakukan pengendalian atas jumlah uang yang beredar, pengendalian tingkat bunga dan tingkat inflasi serta perbaikan pendapatan nasional. Dalam menjalankan fungsinya untu mengendalikan sector keuanagan, Bank Indonesia selaku bank sentral menggunakan beberapa instrument moneter, yaitu kebijaksanaan-kebijaksanaan (policy) mengenai:

- Cash and Ratio, atau minimum reserve ratio requiremenet.

- Discount Rate atau kebijaksanaan suku bunga.

- Open market Operation atau opreasi pasar terbuka.

- Revinancing atau fasilitas kredit likuiditas dan discount windows ( fasilitas diskonto)

- Credit allocation atau selective credit control.

- Foreign exchange rate.

D. BANK UMUM DAN KEGIATANNYA

Bank Umum sebenarnya tidak berusaha disesuau bidang tertentu saja, tetapi juga dalam berbagai bidang usah bank lainnya sehingga disebut bank umum. Jenis bank ini diperolehkan memberikan kredit, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Namun dalam prakteknya lebih menekankan perkreditan berjangka pendek. Bank umum dalam menanamkan dana-dananya memiliki dua macam pilihan yaitu :

1. Penanaman dana yang relative sedikit memberikan penghasilan tetapi likuid dan tidak mengandung resiko.

2. Penanaman dana yang memberikan penghasilan relative banyak, tetapi kurang likuid dan mengandung resiko.

Kegiatan Jasa Bank Umum adalah :

1. Menghimpun dana (perkreditan pasif).

2. Perkreditan dan jasa-jasa (operasi kredit aktif)

E. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR)

Bank perkreditan rakyat adalah bank penunjang yang memiliki keterbatasan wilayah operasional dan dana yang dimiliki dengan layanan yang terbatas pula seperti memberikan kridit pinjaman dengan jumlah yang terbatas, menerima simpanan masyarakat umum, menyediakan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil, penempatan dana dalam sbi / sertifikat bank indonesia, deposito berjangka, sertifikat / surat berharga, tabungan, dan lain sebagainya. Sejak diberlakukannya Undang-Undang nomor 10 tahun 1998, jenis bank dapat dibedakan menjadi Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat.

Menurut Undang-Undang Nomor 7 tahun 1992 tentang Perbankan, yang dimaksud Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu. Usaha-usaha Bank Perkreditan Rakyat, diantaranya:

1. Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka, dan tabungan.

2. Member kredit.

3. Menyediakan pembiayaan bagi nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

4. menempatkan dananya dalam bentuk sertifikat Bank Indonesia (SBI)

Pembagian bank selain didasarkan Undang-Undang Perbankan dapat juga dibagi menurut kemampuan bank menciptakan alat pembayaran, yang meliputi:

1. Bank Primer yaitu bank yang dapat menciptakan alat pembayaran baik berupa uang kartal maupun uang giral. Bank yang termasuk kelompok ini adalah:

a. Bank Sentral atau Bank Indonesia sebagai pencipta uang kartal. Selain itu tugas Bank Sentral diantaranya:

- menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.

- mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

- mengatur dan mengawasi bank.

a. Bank Umum sebagai pencipta uang giral (uang yang hanya berlaku secara khusus dan tidak berlaku secara umum).

2. Bank Sekunder yaitu bank yang tidak dapat menciptakan alat pembayaran dan hanya berperan sebagai perantara dalam perkreditan yang tergolong dalam bank ini adalah Bank Perkreditan Rakyat.

F. BENTUK DAN PRODUK-PRODUK BANK

Beberapa bentuk produk perbankan berupa pemberian kredit, pemberian jasa pembayaran dan peredaran uang, serta bentuk jasa perbankan lainnya. Untuk penjelasannya sebagai berikut:

1. Pemberian kredit dengan berbagai macam bentuk jaminan atau tanggungan misalnya tanggungan efek.

2. Memberikan jasa-jasa dalam lalulintas pembayaran dan peredaran uang yang terdiri:

- Lalu lintas pembayaran dalam negeri seperti transfer, inkaso.

- Lalulintas pembayaran luar negeri seperti pembukaan L/C (Letter of Credit) yaitu surat jaminan bank untuk transaksi ekspor-impor.

3. Jasa-jasa perbankan lainnya yang meliputi:

- Jual-beli cek perjalanan (travellers cheque)

- Jual-beli uang kertas (bank note)

- Mengeluarkan kartu kredit (Credit Card)

- Jual-beli valuta asing.

- Pembayaran listrik, telepon, gaji, pajak

- Menyiapkan kotak pengaman simpanan (safe deposite box)

4. Bentuk-bentuk simpanan di Bank adalah :

- Giro adalah simpanan pada bank yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

- Deposito Berjangka adalah simpanan pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

- Sertifikat Deposito adalah deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperdagangkan.

- Tabungan adalah simpanan pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati.

G. LEMBAGA KEUANGAN NON BANK

Pengertian lembaga keuangan non Bank adalah semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan dalam masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan. Lembaga keuangan berkembang sejak tahun 1972, dengan tujuan untuk mendorong perkembangan pasar modal serta membantu permodalan perusahaan-perusahaan ekonomi lemah. Jenis-jenis lembaga keuangan meliputi:

1. Lembaga pembiyaan pembangunan contoh PT. UPINDO.

2. Lembaga perantara penerbit dan perdagangan surat-surat berharga contoh PT. Danareksa.

3. Lembaga keuangan lain seperti :

- Perusahaan Asuransi yaitu perusahaan pertanggungan sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab Undang-Undang Hukum Perniagaan ayat 246.

- PT. Pegadaian (Persero) yaitu Perusahaan milik Pemerintah yang ditugasi untuk membantu rakyat, meminjami uang secara perorangan dengan menjaminkan barang-barang bergerak maupun tak bergerak.

- Koperasi Kredit yaitu sejenis koperasi yang kegiatan usahanya adalah mengumpulkan dana anggota melalui simpanan dan menyalurkan kepada anggota yang membutuhkan dana dengan cara pemberian kredit.

Perlu Anda ketahui, selain lembaga keuangan yang resmi ada juga lembaga keuangan non bank yang tidak resmi seperti pengijon dan rentenir, akan tetapi keberadaan lembaga keuangan informal ini terkadang banyak merugikan masyarakat.